Wanita yang Ahli matematika

Jika kimia punya marie curie, tokoh wanita legendaris dengan penemuan unsur radiumnya, matematika juga punya banyak tokoh wanita yang tak kalah hebatnya. Luar biasanya lagi, para wanita tangguh ini hidup dan berkembang hebat di tengah masa-masa ketimpangan hak wanita dalam berkarya dan berpendapat. siapa saja mereka, check this out.

1. Hypatia
409px-Hypatia_portrait
Hypatia adalah ahli Matematika pertama yang diakui. Dia lahir di Alexandria, Mesir, sekitar tahun 350 dan ia merupakan seorang sarjana yang diakui. Selain menjadi ahli matematika, ia juga adalah seorang ahli astronomi dan filsafat. Ia juga percaya pada teori yang dikemukakan oleh Plato dan Aristoteles. Ia meninggal dunia akibat dari kemarahan massa Kristen pada waktu itu. Namun masih banyak kebingungan dan perdebatan, apakah ia meninggal pada tahun 370 atau tahun 415 setelah masehi. Kontribusinya yang kekal dalam dunia matematika tidak habis-habisnya digunakan untuk penelitian di berbagai topik. Pekerjaan utamanya adalah sebagai berikut:
a) Ia menulis suatu komentar pada volume ke-13 dari buku teks Matematika Yunani yang terkenal yaitu “Artihmetica”.
b) Dia mengubah Ptolemy dari versi terkenalnya “Almagest”.
c) Dia mengubah komentar ayahnya pada “Euclid’s Elements” atau “Elemen Euclid”.
d) Ia juga membuat komentar pada sebuah pekerjaan terkenal yaitu Conics yang dibuat oleh “Apollonius”.

2. Maria Gaetana Agnesi
495px-Maria_Gaetana_Agnesi_1836
Ia adalah seorang anak yang berbakat, seorang ahli bahasa Italia dan matematika. Maria adalah seorang wanita yang memiliki multi talenta. Ia Lahir dari sebuah keluarga yang kaya pada tahun 1718 dan dia adalah anak ke 21 dari orang tuanya. Ia juga menguasai lebih dari separuh lusin bahasa. Ia adalah tokoh yang sangat terkenal di bidang matematika. Kontribusinya adalah sebagai berikut:
a) Ia menulis buku pertama yang memperkenalkan Integral dan Kalkulus Diferensial.
b) Ia menulis “Instituzioni analitiche ad uso della gioventu italiana”; sebuah master piece yang dianggap sebagai perluasan yang terbaik untuk karya Euler.
c) Ia juga menulis sebuah perjanjian yang tidak bisa diterbitkan, namun karya itu sangat dihargai dan dipuja-puja banyak orang.
d) Ia menentukan persamaan dari suatu kurva yang aneh, yang kemudian dikenal sebagai “Witch dari Agnesi”.

3. Sophie German
ada
Sophie lahir dari sebuah keluarga kaya kelas atas di Perancis, pada tahun 1776, di mana tahun ini merupakan masa Revolusi bagi rakyat Amerika. Apapun “Pekerjaan Otak” yang dilakukan wanita pada zaman itu dianggap sebagai pekerjaan yang tidak sehat dan berbahaya bagi wanita. Karena hal inilah, Sophie selalu menghadapi banyak masalah dalam mendapatkan pendidikan, karena adanya aturan yang tabu tersebut di masyarakat. Meskipun demikian, ia tetap belajar matematika dan mengukir cita-citanya dalam bidang ini. Dia sering disebut sebagai “The Revolutionary Mathematician”. Kontribusinya adalah sebagai berikut:
a) Pada awalnya, ia bekerja pada Teori Bilangan dan memberikan banyak yang Teorema menarik pada bilangan prima. Ia bahkan menemukan identitas baru, sehingga banyak bilangan seperti itu yang saat ini disebut sebagai “Sophie Germain primes” atau “Bilangan Prima Sophie Germain”.
b) Karyanya tentang “Fermat’s Last theorem” merupakan suatu jalan pintas yang menarik.
c) Dia adalah wanita pertama yang menghadiri “Academie des Science” dan “Institut de France’ session”.

4. Ada Lovelace
en
Ada Lovelace adalah anak perempuan dari seorang penyair terkenal, “Lord Byron”. Ia lahir pada tanggal 10 Desember 1815 di Inggris dan ia dinobatkan sebagai “Programmer Pertama” di dunia. Dialah yang meletakkan dasar untuk dunia software dan komputer. Pada tahun 1980, muncullah bahasa pemrograman komputer “Ada”. Kontribusinya adalah sebagai berikut:
Dia diakui satu-satunya yang telah menulis simbol dan kode sesuai dengan aturan, untuk komputer mekanik awal milik Charles Babbage, yaitu “The Analytical Engine”.

5. Sofia Kovalevskaya
germain
a lahir pada 15 Januari 1850 di Moskow, Rusia. Dia adalah ahli Matematika wanita pertama dan utama di Rusia. Ia berani menentang kakek-neneknya demi melanjutkan studi yang lebih tinggi. Dia dikenal dengan karya-karyanya sebagai berikut:
a) Dia melakukan penelitian pada persamaan diferensial yang dikenal sebagai “Kovalevskaya Top”.
b) Ia bekerja mengembangkan “Teorema Cauchy-Kovalevskaya”, sebuah teorema yang sangat dasar untuk membantu memahami persamaan diferensial.

6.Amalie Emmy Noether
Kovalevskaya
Ia lahir pada 23 Maret 1882 di Jerman. Amalie adalah seorang ahli matematika revolusioner mampu bekerja di berbagai bidang. Albert Einstein mengatakan bahwa dia adalah “Wanita yang paling penting dalam sejarah matematika, karena pendidikan tingginya”. Karya-karyanya antara lain:
a) Penelitian lengkap mengenai Aljabar Abstrak dan Teori Fisika.
b) Teori Path-breaking dalam bidang aljabar.
c) Salah satu teorema terkenal dari ilmu fisika yaitu “Teorema Noether”, menghubungkan konservasi hukum, dan simetri yang diusulkan oleh Noether.

Sumber : http://math07.findtalk.biz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s